Cara Mengatasi Pengeluaran Tahunan Lebih Besar dari Penghasilan Tahunan

Cara Mengatasi Pengeluaran Tahunan Lebih Besar dari Penghasilan Tahunan

Cara Mengatasi Pengeluaran Tahunan Lebih Besar dari Penghasilan Tahunan

Penghasilan Tahunan Tidak Cukup untuk Pengeluaran Tahunan
Artikel ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Cara Mengatur Pengeluaran Tahunan Keluarga. Seandainya pengeluaran tahunan yang dibutuhkan nilainya lebih kecil dari penghasilan tahunan, maka kelebihan dana yang dimiliki ini dapat ditabung untuk memenuhi keperluan keluarga di masa yang akan datang.

Dana yang berlebih tersebut dapat digunakan untuk menambah tabungan pendidikan anak-anak atau mengalokasikannya untuk tujuan lain seperti pergi ke Baitullah atau menunaikan rukun Islam yang ke-lima yaitu naik haji. Kelebihan dana ini bisa juga digunakan untuk kebutuhan keluarga lainnya.

Lalu, bagaimana jika kondisinya berbalik yakni pengeluaran tahunan lebih besar daripada penghasilan tahunan. Dengan kata lain, penghasilan tahunan tidak cukup untuk memenuhi pengeluaran tahunan. Bila kita sedang berada dalam kondisi seperti ini, maka kita mesti kembali kepada anggaran pengeluaran tahunan yang sudah dibuat sebelum melangkah lebih lanjut.

Di dalam anggaran pengeluaran tahunan yang sudah kita buat tersebut, apakah anggaran liburan keluarga yang kita bikin terlalu besar? Terus, masih dapat diminimalkankah anggaran belanja hari raya? Atau, apakah ada pengeluaran lain yang urgensinya tidak terlalu penting yang masih dapat dikurangi?

Nah, jika ternyata jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas ternyata sudah tidak ada lagi yang dapat dikurangi, sedangkan pengeluaran tahunan harus dilakukan, maka untuk mengatasi masalah ini kita wajib untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan agar dapat memenuhi keperluan pengeluaran tahunan.

Sebagai contoh, jika kita mempunyai total penghasilan bulanan sebesar Rp 13 juta, sementara jumlah pengeluaran bulanan adalah sebesar Rp 4,5 juta setiap bulannya, maka dalam hal ini masih ada sisa saldo bulanan sebesar Rp 8,5 juta.

Bila penghasilan tahunan kita tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran tahunan, maka yang perlu kita lakukan adalah menyisihkan alokasi dana yang perlu dipakai untuk pembayaran biaya tahunan secara berkala dalam setiap bulannya.

Manfaat yang bisa diperoleh dengan membuat anggaran tahunan ini adalah kita dapat lebih mengatur keuangan keluarga secara baik. Selain itu, dengan anggaran tahunan kita bisa mengetahui ke mana alokasi dananya dan bagian mana yang mungkin terlalu besar dan memerlukan untuk dioptimalkan.

Mumpung kita masih berada di awal tahun 2015, sebaiknya kita sudah mulai untuk membuat anggaran tahunan. Dengan anggaran tahunan ini keuangan keluarga kita dapat lebih tertata dengan baik untuk masa sepanjang tahun.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement