Tips Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Tips Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Tips Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok

Tips Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok
Di saat seperti ini, mungkin banyak ibu rumah tangga yang kebingungan dalam mengatur uang belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, belakangan ini biaya belanja rumah tangga yang semakin meningkat. Di samping itu, tidak mungkin juga untuk meminta uang belanja tambahan bila gaji suami tidak mengalami kenaikan.

Keadaan seperti ini menuntut kita untuk kreatif dalam mengelola uang jatah yang diberikan oleh suami agar bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok. Solusi jangka pendek untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok uang cukup signifikan adalah dengan mengurangi pos alokasi anggaran lain untuk menambal pos belanja kebutuhan pokok yang membengkak.

Mengurangi Pos-pos Belanja yang Tidak Perlu

Langkah pertama adalah dengan mengurangi pos-pos belanja yang sifatnya hanya untuk menunjang gaya hidup keluarga seperti uang untuk makan di restoran atau untuk jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Hal ini bukan berarti tidak membolehkan keluarga untuk menikmati gaya hidup yang lebih mewah, tetapi porsinya yang dikurangi sedikit. Selain itu, jangan langsung memutus untuk mengurangi porsi alokasi tabungan dan investasi untuk menambah dana belanja, kecuali sudah tidak ada lagi pos-pos yang memungkinkan untuk diambil.

Memilih Barang yang Lebih Murah

Berbelanja hemat dengan cara memilih barang-barang yang berkualitas hampir sama, tetapi dengan harga yang lebih murah. Misalnya, Anda dapat memilih berbagai jenis varian beras, baik di supermarket maupun di pasar tradisional dan mendapatkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang hampir sama.

Menyusun Rencana Menu Hidangan

Susunlah rencana menu hidangan di rumah dalam jangka waktu tertentu, satu minggu contohnya. Rencana ini berguna untuk memberikan gambaran daftar belanja seperti apa yang harus dibeli sehingga bisa menghindari pembelian barang yang tidak terpakai pada akhirnya. Selain itu, Anda dapat merencanakan untuk menggunakan sedikit jenis bahan makanan tetapi divariasikan ke dalam berbagai jenis hidangan sehingga bisa menghindari pembelian barang bahan kebutuhan pokok yang harganya sedang tinggi. Misalnya, Anda dapat menggantikan daging sapi dengan daging ayam dalam mengatur variasi menu hidangan.

Menanam Sendiri Bahan-bahan Bumbu Dapur

Sekarang coba periksa tempat Anda menyimpan bahan-bahan dan lihat apakah Anda sering menyimpan beberapa bahan terlalu lama sehingga bahan-bahan tersebut mulai tumbuh. Misalnya saja, jahe, bawang, atau jenis sayuran lainnya. Anda dapat mencoba untuk menanam bahan-bahan tersebut di lahan pekarangan rumah Anda sehingga Anda tidak perlu membelinya di kemudian hari. Bila tidak ada lahan, Anda dapat menanamnya secara hidroponik. Nah, untuk menambah pengetahuan tentang bercocok tanam, Anda bisa bergabung dengan komunitas berkebun atau mencari informasinya sendiri tentang berkebun di internet.

Melakukan Penghematan di Pos-pos Tertentu

Hal-hal yang sederhana seperti mematikan lampu atau peralatan listrik yang sudah tidak digunakan dapat menghemat uang belanja. Anda juga bisa memeilih tempat belanja yang dekat dengan rumah dengan biaya parkir yang murah.

Menggunakan Uang Tunai untuk Berbelanja

Saat berbelanja, gunakanlah uang tunai, kartu debit, atau e-money dan simpan kartu kredit Anda. Hal ini akan mendorong Anda untuk membatasi diri dalam berbelanja karena uang yang benar-benar Anda milikilah yang Anda bisa gunakan untuk berbelanja.a

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement