Tips Memulai Usaha Kursus Mengemudi Mobil

Tips Memulai Usaha Kursus Mengemudi Mobil

Tips Memulai Usaha Kursus Mengemudi Mobil

Kemudi Mobil
Mengemudi bukanlah suatu kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Untuk dapat mengemudi, kita harus belajar dari ahlinya. Memelajari mengemudi secara otodidak dapat memakan waktu serta mempunyai risiko selama dalam proses belajar.

Banyak orang yang sudah mempunyai kemampuan membeli mobil, namun belum memiliki kemampuan untuk mengemudi. Hal ini merupakan potensi pasar untuk membuka usaha kursus mengemudi.

Nah, beikut ini ada beberapa tips memulai usaha mengemudi mobil yang bisa Anda lakukan.

1. Menyediakan Mobil Kursus untuk Siswa

Yang ideal adalah Anda menyediakan mobil baru. Tetapi, jika belum mempu menyediakannya, dengan mobil seken usaha kursus mengemudi tetap dapat berlangsung. Hal yang terpenting adalah mobil dalam keadaan baik dan aman untuk digunakan. Usahakan mobil yang digunakan termasuk populer di masyarakat.

Anda harus melengkapi mobil dengan kopling dan rem tambahan bagi instruktur. Untuk menjaga imej yang positif, jagalah kondisi mobil agar jangan sampai mogok di tengah jalan.

2. Mendatangkan Instruktur dengan Ketrampilan yang Cakap

Untuk memulai usaha kursus mengemudi, Anda memerlukan sedikitnya seorang instruktur atau pelatih yang memiliki keterampilan yang cakap dalam mengajar mengemudi dan paham mengenai rambu-rambu lalu lintas. Instruktur yang mempunyai pembawaan tenang, menyenangkan, telaten tetapi waspada merupakan kunci keberhasilan usaha kursus mengemudi ini.

3. Mempunyai Kurikulum yang Jelas dan Terencana

Sebaiknya Anda memiliki semacam kurikulum atau standar operasional dan prosedur (SOP) yang jelas dan terencana. Ini merupakan materi yang diajarkan ke siswa kursus mengemudi Anda.

Ajarkan teknik-teknik defense driving atau mengemudi dengan penuh kehati-hatian, cara mengemudi yang hemat energi atau eco-driving, serta pengetahuan tentang aturan lalu lintas.

Selain itu, Anda juga perlu mensurvei kawasan-kawasan yang dapat digunakan untuk berlatih mengemudi, seperti lapangan atau lahan parkir yang tidak terpakai. Berkerjasamalah dengan pihak kepolisian supaya mereka bisa memberi perhatian dan pengawasan ketika peserta kursus Anda berlatih di jalan raya.

4. Sediakan Lokasi Usaha Kursus Anda

Idealnya usaha kursus Anda berada di lokasi yang strategis. Tetapi, memulai usaha dari rumah juga tidak apa-apa, sepanjang diiringi dengan kegiatan promosi yang gencar. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan sarana administrasi seperti komputer, ruang penerimaan pelanggan yang nyaman, dan alat tulis kantor.

5. Melakukan Promosi-promosi

Anda dapat melakukan promosi melalui koran lokal, radio, brosur, atau secara online di internet. Promosi lainnya adalah dengan memberikan pelayanan yang prima seperti menggaransi siswa kursus bisa mengemudi.

Untuk pengembangan, Anda dapat bekerjasama dengan pengelola lembaga pendidikan. Anda bisa menawarkan belajar mengemudi sebagai bagian dari pelajaran ekstra di kampus. Anda juga dapat menawarkan jasa pendampingan ketika tes mendapatkan SIM. Operasikan kursus Anda secara fleksibel untuk memperluas pasar. Contohnya, merancang jam kursus sesuai dengan permintaan pelanggan.

Demikianlah beberapa tips dalam memulai usaha kursus mengemudi. Semoga usaha Anda dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement