Tips Menjadi Atasan yang Baik

Tips Menjadi Atasan yang Baik

Tips Menjadi Atasan yang Baik

Tips Menjadi Atasan yang Baik
Setiap jenis pekerjaan tentu akan berhadapan dengan banyak rekan kerja yang mempunyai bermacam-macam karakter. Terlebih lagi jika Anda sebagai pimpinan perusahaan dan harus membawahi banyak karyawan. Membuat hubungan baik dengan staf-staf Anda bukanlah perkara yang mudah.

Peran staf adalah untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan Anda boleh jadi belum terselesaikan tanpa mereka. Di sini kemampuan Anda membina hubungan baik dengan karyawan diuji. Setiap karyawan memerlukan penghargaan atas kerja kerasnya.

Di samping itu, saat meminta mereka untuk mengerjakan tugas, tidak dengan nada memerintah atau menyuruh. Namun, bersikap sopan saat menyampaikan permintaan disertai dengan petunjuk yang jelas.

Terkadang ada beberapa karyawan yang merespons instruksi dengan reaksi di luar yang Anda harapkan. Hal ini perlu Anda pahami. Beberapa kecenderungan yang terjadi di antaranya yakni staf langsung menolak kerjaan atau bertele-tele hanya untuk mengatakan dia tidak menginginkan tugas tersebut.

Sebaiknya Anda jangan langsung mengambil tindakan yang emosional dam menghadapi kondisi tersebut. Berpikirlah dengan tenang dan tinggalkan staf Anda bila perlu. Barulah setelah suasana mencair, delegasikan tugas itu melalui email supaya petunjuknya bisa tersampaikan dengan jelas.

Anda bisa langsung mengoordinasikan kerjaan tersebut kepada bagian dan rekan staf yang dituju bila perlu. Berikan instruksi yang tepat dan jeals untuk setiap tugas. Instruksi yang samar atau bermakna ganda berisiko disalahartikan sehingga gagal atau keliru dilaksanakan.

Berusaha untuk mengenal mereka dengan baik merupakan hal ini yang dapat "mencuri" hati karyawan Anda. Menurut para pakar karier, cara tersebut dapat diaplikasikan dengan berusaha menghafalkan nama semua staf di kantor, termasuk nama panggilan yang mereka inginkan.

Ketika senggang, ulangi nama panggilan tersebut beberapa kali dalam hati, bila Anda termasuk orang yang sulit mengingat nama. Jika perlu, ambil pulpen dan secarik kertas, kemudian tulis nama panggilan karyawan baru Anda temui dan bagiannya. Cara ini biasanya berhasil digunakan untuk mengingat-ingat.

Jangan ragu untuk berkata maaf dan mengakui kesalahan Anda jika Anda keliru saat menyebut atau lupa terhadap nama seseorang staf.

Begitu juga bila Anda menemukan kesalahan yang dilakukan staf. Bukanlah hal yang bijak bila Anda langsung memarahinya di depan rekan-rekan yang lain dan tidak mau bertanggung jawab membantu memberikan solusi.

Tetap fokus pada masalah yang ada dan cobalah untuk menahan diri serta berikan solusi jalan keluar yang terbaik.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement