Pegang Kendali dalam Wawancara

Pegang Kendali dalam Wawancara

Pegang Kendali dalam Wawancara

Pegang Kendali dalam Wawancara
Kondisi yang ideal dalam wawancara kerja adalah si pewawancara dan pelamar adalah dalam posisi yang seimbang. Semangat dan kepercayaan diri dibawa oleh si pelamar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Demikian halnya dengan pewawancara, dia dapat mengajukan sejumlah pertanyaan sehingga bisa mengetahui prospek dan talenta si calon karyawan.

Banyak pakar karier yang sepakat bahwa sukses tidaknya wawancara itu tergantung dari si pelamar kerja. Wawancara merupakan waktu yang pas untuk membantu si pewawancara mengenal diri anda lebih jauh. Oleh karena itu, tunjukkan diri Anda sebagai orang yang dapat menyelesaikan masalah.

Dalam wawancara, berikan jawaban yang tepat atas pertanyaan yang dilontarkan. Terlebih lagi jika Anda bisa memberikan umpan balik dengan memberikan pertanyaan yang bagus. Dengan demikian, si pewawancara akan merasa terbantu mendapatkan informasi tentang diri Anda.

Contoh pertanyaan bagus adalah pertanyaan mengenai situasi yang akan Anda hadapi. Anda dapat menanyakan susunan hirarki perusahaan, kepada siapa harus memberikan laporan dan siapa yang memberikan laporan kepada Anda. Dengan pertanyaan seperti ini, menunjukkan seolah-olah Anda sudah akan menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.

Menurut pakar karier, waktu yang ideal untuk melontarkan pertanyaan bagus adalah pada lima menit ketika wawancara berjalan. Cara ini membuat Anda selangkah lebih maju dan membuat si pewawancara yakin pada kualitas Anda. Berikan pertanyaan dengan suara vokalisasi dan intonasi yang jelas.

Manfaatkan momentum sebelum wawancara berakhir. Anda ditantang untuk bisa bersikap lebih luwes pada kesempatan ini.

Pada akhir wawancara, Anda dapat bertanya sekaligus memberi keterangan seperti, "Apakah semua informasi saya ini sudah jelas, Pak?". Dapat juga dengan menutup pembicaraan dengan berkata, "Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan diri di perusahaan ini."

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement