Tips Memilih Saham yang Baik

Tips Memilih Saham yang Baik

Tips Memilih Saham yang Baik

Saham yang "baik" dapat mempunyai beberapa arti. Di antaranya baik dalam fluktuasinya atau baik dalam stabilitas pertumbuhannya dalam jangka panjang.

Ada saham yang harganya bertumbuh dalam jangka panjang. Tetapi, ada juga yang dalam jangka pendek terkesan lelet atau tidak fluktuatif.  Saham-saham seperti ini "baik" untuk investor jangka panjang dengan tujuan untuk pelipatgandaan aset.

Sedangkan saham yang mempunyai fluktuasi cukup besar, sangat cocok untuk trader atau orang yang membeli dan menjual saham dalam jangka pendek untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga jangka pendek.

Bagi seorang pemula yang mempunyai tujuan berinvestasi untuk jangka panjang, sebaiknya memeriksa benar-benar fundamental perusahaan, manajemen, dan competitive advantage yang baik. Suatu perusahaan yang mempunyai fundamental yang baik, biasanya mempunyai pertumbuhan laba bersih secara konsisten dalam jangka panjang, mempunyai manajemen perusahaan yang sehat dan transparan, dan mampu bersaing atau mempunyai nilai lebih.

Adalah hal penting melihat tren harga melalui grafik historis harga dalam Analisis Teknikal untuk trading maupun berinvestasi. Analisis Teknikal bermanfaat untuk menentukan timing beli dan jual, serta pembatasan risiko. Sedangkan Analisis Fundamental berguna untuk memeriksa kesehatan perusahaan.

Melakukan investasi atau trading saham sendiri akan memberikan imbal hasil yang lebih besar bila Anda menguasai strategi untuk berinvestasi atau trading saham. Selain itu, fee transaksinya lebih kecil jika dibandingkan dengan fee dari Aset Manajemen.

Berinvestasi langsung pada instrumen saham memerlukan kejelian, ilmu dan pengendalian emosi yang sangat baik. Dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi seorang trader untuk memulai trading hingga akhirnya menjadi trader profesional.

Bila tidak cermat, risiko yang muncul dalam berinvestasi secara langsung pada instrumen saham akan semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan diri untuk belajar bila Anda berminat untuk berinvestasi langsung di saham.

Jika tidak ingin repot, Anda dapat memercayakan pada fund manager reksadana atau asset management yang terpercaya dan mempunyai histori kinerja yang bagus.

Investasi saham bukanlah jalan pintas untuk menjadi kaya raya dalam waktu yang sesaat. Tetapi, bila Anda sabar dan bijak dalam berinvestasi saham, Anda akan memperoleh nikmatnya efek bola salju dalam jangka panjang, baik dari berinvestasi jangka panjang maupun dari akumulasi profit trading jangka pendek yang bersifat konsisten.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement