Tanda-tanda Wawancara Kerja Berjalan Sukses

Tanda-tanda Wawancara Kerja Berjalan Sukses

Tanda-tanda Wawancara Kerja Berjalan Sukses

Sukses Wawancara Kerja
Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, tentunya akan mengalami yang namanya wawancara kerja. Ya, salah satu proses dalam merekrut pegawai adalah dengan melakukan wawancara kerja.

Saat kita telah melakukan wawancara, biasanya kita sering bertanya-tanya dalam diri, apakah kita lolos atau tidak. Bila diperhatikan secara teliti, ternyata ada tanda-tanda yang terlihat apakah wawancara kita tersebut berlangsung sukses atau gagal. Berikut ini tanda-tanda wawancara kerja berjalan sukses.

Wawancara Berlangsung Lama

Bila proses wawancara berlangsung lebih dari 30 menit, bahkan hingga lebih dari satu jam, hal ini menandakan bahwa Anda sangat dipertimbangkan untuk mengisi posisi yang dilamar.

Pewawancara Banyak Bertanya

Si pewawancara banyak menanyakan tentang diri Anda, itu tandanya banyak informasi yang ingin mereka gali dari Anda.

Suasana yang Santai dan Nyaman

Situasi wawancara yang berjalan tidak kaku atau terasa santai dan nyaman menandakan pewawancara merasa cocok dan nyaman sehingga Anda dianggap dapat bekerja sama.

Adanya Umpan Balik

Pewawancara memberikan umpan balik secara fisik, contohnya tersenyum, memberikan dorongan, kontak mata, mengangguk, dan ekspresi wajah yang menunjukkan persetujuan dan pemahaman. Sementara secara verbal, misalnya "Saya tidak menyangka Anda memiliki kemampuan itu".

Negoisasi Gaji

Biasanya negoisasi gaji baru terjadi pada wawancara selanjutnya, namun jika pada wawancara pertama telah terjadi negoisasi, itu tandanya Anda dianggap 'lolos'.

Diberikan Kepastian Waktu

Bila di akhir wawancara mereka memberikan kepastian waktu kapan Anda akan dikabari lagi, hal ini menandakan bahwa mereka tertarik kepada Anda.

Pewawancara Menanyakan Kesiapan

Pewawancara langsung bertanya kapan kesiapan Anda bergabung bersama mereka tanpa menyuruh Anda menunggu. Bila hal ini terjadi, kemungkinan besar keberhasilan wawancara sudah di tangan Anda.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement