Alih Pengetahuan dan Keahlian Karyawan

Alih Pengetahuan dan Keahlian Karyawan

Alih Pengetahuan dan Keahlian Karyawan

Alih Pengetahuan dan Keahlian Karyawan
Mempunyai keahlian yang tidak dimiliki oleh orang lain merupakan suatu kebanggaan bagi sebagian orang. Tapi, hal ini adalah kurang baik bila dijadikan "senjata" supaya posisinya tidak tergeser. Pasalnya, perusahaan akan langgeng bila didukung antara lain oleh kemulusan transfer pengetahuan dan keahlian dari karyawan yang lebih senior kepada yang lebih yunior.

Salah satu topik bahasan yang hangat di berbagai perusahaan sekarang ini adalah manajemen pengetahuan atau knowledge management. Usaha ini bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien karena didukung berbagai perangkat teknologi canggih.

Alih pengetahuan bisa dilakukan melalui pelatihan, pengarahan, rapat atau bentuk-bentuk formal lainnya. Cara-cara yang tidak formal juga dapat dilakukan, misalnya melalui bincang-bincang di luar jam kerja.

Mungkin tidak semua perusahaan mempunyai ruang atau kesempatan untuk berdiskusi secara tatap muka dengan karyawannya. Diskusi bisa dilakukan menggunakan fasilitas internet seperti mailing list, blog atau board. Cara ini menjadi solusi yang efektif untuk menjalin komunikasi bagi perusahaan yang karyawannya tersebar di berbagai cabang.

Medium yang sudah tersedia ini diprogramkan atau diagendakan, Program atau agenda bisa disusun secara garis besar supaya tidak menjadi terlalu kaku. Contohnya, satu periode waktu dialokasikan untuk membahas topik tertentu. sebaiknya ada pihak yang diserahi tanggung jawab atau menjadi inisiator diskusi.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah menggilir karyawan atau orang-orang tertentu yang dianggap lebih paham untuk memberi masukan atau tanggapan pada suatu masalah.

Hal ini mungkin tidak langsung berjalan mulus, Tapi, dengan konsistensi terus mendorong karyawan saling berbagi pengetahuan, lama-lama hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik dan memberi manfaat positif bagi perusahaan.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement