Saat Mengencangkan Ikat Pinggang

Saat Mengencangkan Ikat Pinggang

Saat Mengencangkan Ikat Pinggang

Saat Mengencangkan Ikat Pinggang
Pemerintah sudah mengumumkan penurunan harga premium menjadi Rp 7.600 per liter yang berlaku pada tanggal 1 Januari 2015 yang lalu. Sepertinya hal ini merupakan sebuah kabar yang menggembirakan di awal tahun.

Namun, hal tersebut belum tentu diikuti juga oleh harga-harga bahan kebutuhan pokok yang harganya sudah terlanjur terkoreksi akibat naiknya harga BBM pada pertengahan bulan November tahun lalu. Oleh karena itu, pengeluaran harian juga perlu dikendalikan secara ketat dan kini waktunya mengencangkan ikat pinggang.

Mencari Pendapatan Ekstra

Hal ini dapat dilakukan dengan beragam cara. Yang paling gampang dilakukan adalah dengan memulai dari hobi. Hobi juga dapat mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Salah satu contohnya adalah dengan membuat losion memakai bahan-bahan herbal. Dari sini dapat dikembangkan untuk memiliki beragam produknya lainnya, seperti sampo, sabun, dan parfum yang menggunakan bahan-bahan alami.

Selain itu, ada juga aktivitas yang menghasilkan pendapatan ekstra tanpa memerlukan modal awal. Misalnya, menjual jasa sebagai penulis, pengajar olahraga atau tari. Profesi-profesi ini dapat menjadi alternatif yang menguntungkan.

Mencermati Pengeluaran Harian dan Bulanan

Kini waktunya untuk mengurutkan prioritas dan meniadakan item pengeluaran yang bersifat komplementer. Contohnya dengan mengurangi jajan di luar rumah, membeli baju, menonton di bioskop, atau sekadar rehat di kafe. Bila biasanya hal-hal tersebut dilakukan mingguan, maka sekarang tidak ada salahnya jika dilakukan sebulan sekali.

Tamasya bersama keluarga dapat diganti dengan melakukan permainan kreatif di rumah sehingga tidak harus selalu jalan-jalan berkeliling kota. Sang anak akan merasa antusias saat diajak bereksperimen dengan masakannya sendiri, berkebun, atau sekadar di halaman rumah lengkap dengan tenda dan perlengkapannya.

Share this:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Advertisement